Kamis, 22 Januari 2015

Kelompok Kecil

Kelompok Kecil
         
         Banyak orang dalam dunia masih belum mengenal Tuhan kita Yesus Kristus. Ia sendiri telah mempercayakan amanat-Nya untuk  memuridkan bangsa-bangsa kepada rasul-rasul, murid-murid dan Gereja-Nya, juga kepada Gereja kita:
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu." (Matius 28:19-20)
Tetapi sebelum kita dapat memuridkan bangsa-bangsa, perlu kita sendiri terlebih dahulu menjadi murid yang sejati.
         Kelompok Kecil (KK) adalah ketaatan kita pada kepercayaan dan pendelegasian Yesus Kristus untuk menerima panggilan dan pembentukan menjadi seorang murid Tuhan Yesus. Kita rindu bahwa kita semua dapat bersama-sama bertumbuh dan mengalirkan kehidupan seorang murid Yesus yang sejati kepada orang lain, sehingga banyak orang dapat juga menjadi murid Tuhan.
Untuk itu kita memuji Tuhan Yesus Kristus, karena Gereja kita terpanggil untuk menjadi gereja berbasiskan KK.
Dalam Kelompok Kecil kita akan menemukan 3F1P1M:
1.       Fun - KK memberikan sukacita dan kesenangan,
2.       Firman - KK memuaskan kita dengan makanan rohani yang kita butuhkan,
3.       Fellowship - KK pada dasarnya adalah sebuah persekutuan dan keluarga kecil,
4.       Pray - Dalam KK kita berdoa dan saling mendoakan,
5.       Multiplikasi - KK membukakan diri bagi orang lain.
Mari kita bergabung dalam KK! Di sini kita bersama-sama belajar, bertumbuh dan menjadi berkat.

Definisi Kelompok Kecil :
Kelompok yang terdiri dari 4-lebih anggota, untuk bersama-sama belajar, bertumbuh, dan dewasa akan pengenalan Firman Allah. Bertumbuh dan menghidupi Firman.
Kelompok Kecil adalah gerakan yang:
1) melibatkan jemaat untuk berkumpul dan melayani dalam kelompok-kelompok kecil yang bersifat kekeluargaan dan
2) mengarahkan jemaat untuk mengemban Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus sehingga setiap orang percaya bersama-sama
a) menjadi murid yang sejati dan bertumbuh menuju kepada keserupaan hidup seperti Kristus, dan
b) memikul tanggung jawab memuridkan, sehingga membawa kemuliaan bagi Allah

Visi Kelompok Kecil :
Pemenuhan Amanat Agung Tuhan (Matius 28:19-20) dan keserupaan dengan Kristus (Roma 8:29, 1Yoh. 3:2).
Misi Kelompok Kecil :

1. Membawa jemaat bertumbuh menyerupai Kristus dalam semua aspek kehidupan, yg dilandasi dengan pengenalan dan kedekatan akan Tuhan, dan menikmati kelimpahan hidup rohani yang sesungguhnya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mendorong jemaat untuk mengambil tanggung jawab rohani untuk turut serta dalam penginjilan dan pemuridan.
3. Membangun kualitas hidup jemaat yang mampu menciptakan keluarga, gereja dan masyarakat yang berkenan di hadapan Tuhan.   #Penulis Artikel: (Boby Alkadita)     

2 komentar:

  1. Memang gag mudah menjalani KK, baik sebagai AKK (Anggota Kelompok Kecil) maupun PKK (Pemimpin Kelompok Kecil). Kejenuhan, konflik, kesibukan dan jadwal yang padat maupun dinamika-dinamika 'menarik' lainnya tentu akan mewarnai proses Kelompok Kecil yang ada.. Kelompok Kecil juga BUKAN penjamin bahwa setiap orang yang belajar didalamnya maupun sudah selesai bahan nantinya (bahkan tidak sedikit yang 'gugur') akan 100% menjadi pribadi yang SERUPA Kristus.. Well, Kelompok Kecil bukan Mie Instan yang 3 menit diseduh sudah matang; Kelompok Kecil juga bukan Pendidikan yang dapat ditempuh dengan periode waktu tertentu, 3 tahun (SMP, SMA), 4 tahun (Kuliah) maupun 6 tahun (SD). Kelompok Kecil layaknya Pelayanan, proses belajar seumur hidup dan gag kenal kata pensiun. Hidup kita yang seperti Roda, akan merasakan momen" 'dibawah' maupun 'diatas'. Kita juga akan melewati jalanan 'berbatu-batu', maupun 'jalanan mulus'. Ada saatnya kita 'kempis', ada saatnya kita akan 'terisi' lagi. Nikmati saja momen" tersebut teman-teman, karena setiap orang memiliki 'Jalanan' mereka sendiri. satu hal yang PENTING adalah kita tetap berputar di Jalur yang benar,, Jalur Kristus ya ^_^ . Dan apa hubungannya dg Kelompok Kecil? Di dalam Kelompok Kecil, nantinya kita akan dibekali beragam hal untuk memperlengkapi perjalanan kita-- sebagai 'Roda'.. kita akan dibukakan mengenai Jalur yang benar, kita akan dibekali lampu untuk mampu menerangi di kala gelap, dan kita akan dibekali beragam hal hingga nantinya kita bukan hanya sebuah Roda, melainkan sebuah Kendaraan.. yang menunjukkan kita secara perlahan (bukan instan) akan berubah menjadi yang lebih baik.. Setiap orang tidak akan menjadi Kendaraan yang sama.. karena Tuhan tentu memberikan kita talenta yang berbeda agar kita saling melengkapi :D ... Well, that's it guys and sista! Kelompok Kecil bukanlah Komunitas yang Sempurna, namun Komunitas yang Berbuah. ^_^ Apakah kamu siap untuk perubahan Kristus? Stay faithful inside and fruitful outside yo! JBU :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar ko Gita, KK bukan hanya komitmen tanpa usaha, ada harga yang harus dibayar atas komitmen itu. ^_^ super duper hihi

      Hapus