Selasa, 02 Juni 2015

Berserah atau Pasrah??


Berserah atau Pasrah?
[Roma 8:35-39]

KITA SERING MENYAMAKAN pasrah dan berserah. Saat berhadapan dengan masalah yang membuat kita seolah menemui jalan buntu. Saat kita diam, tidak melakukan apa-apa, kita berkata bahwa kita sedang berserah. Ada perbedaan antara pasrah dengan berserah. Pasrah adalah bentuk kepasifan, bagaikan orang yang membiarkan dirinya hanyut terbawa arus sampai suatu ketika tersangkut entah dimana. Salahkah menjadi pasrah? Jika kita hidup sekedar pasrah, kita takkan memiliki cukup semangat untuk mengubah keadaan. Sedangkan berserah kepada Tuhan adalah ciri seorang bermental pemenang, yang tetap berpikir optimis meski dalam             kesulitan. Untuk berserah kita butuh iman, tapi untuk pasrah hanya butuh rasa tak berdaya yang pesimistis.
Pikiran kitalah yang seringkali menghalangi kuasa Tuhan bekerja. Saat mengalami masalah berat, pikiran seringkali membuat mental kita semakin jatuh. Akibatnya kita hanya mampu melihat kondisi dari pandangan kita sendiri dan bukan dari kacamata firman-Nya. Padahal, firman Tuhan mengatakan bahwa di dalam segala kesulitan, kita lebih daripada orang-orang yang menang. Halangan dan masalah sebesar apapun dan bagaimanapun bentuknya tidak dapat memisahkan kita dari kasih-Nya. Itulah yang menjadikan kita lebih dari pemenang. Bukan karena kedigdayaan kita sendiri, tetapi karena kasih Kristus yang menjaga dan memelihara, ada didalam hidup kita.
PENDERITAAN YANG BERTUBI-tubi dapat membuat orang kecewa dan meninggalkan Tuhan. Inilah pentingnya menyadari siapa kita menurut Firman Tuhan. Menjadi pemenang itu bukanlah mengikuti undian berhadiah dan selalu menang. Menjadi pemenang adalah seperti para atlet yang harus jatuh-bangun dan siap kalah, namun tak pernah menyerah. Demikianlah seharusnya kita menghadapi hidup. Meskipun realita tampak berbeda, namun dengan mata iman kita tahu bahwa kita sedang dalam proses menuju kemenangan. Kita tahu bahwa apapun yang terjadi, kasih Kristus takkan meninggalkan kita, dan dengan pemahaman itu kita akan bertahan hingga akhir. Well, udah pahamkan kalo berserah beda dengan menyerah? So, stay strong and faithful in Jesus Christ yo guys?! JBU ^_^
#Penulis Artikel G.L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar